PPs IAIN Batusangkar Gelar Yudisisium Magister

BERITAPUBLIK.COM – Program Pascasarjana IAIN Batusangkar menyelenggarakan Yudisium bagi Program S-2  Semester Genap 2020/2021 yang berlangsung di  Gedung K, Lantai 4 Ruang Pertemuan Dosen IAIN Batusangkar, pada Senin (23/8/2021). Kegiatan diselenggarakan secara bleanded karena masih dalam masa pandemi covid-19.

Yudisium tahun ini meluluskan 72 mahasiswa yang terdiri dari Prodi Manejemen Pendidikan Islam (MPI) 12 orang, Hukum Ekonomi Syariah (HES)4 orang, Pendidikan Agama Islam (PAI)15 orang, Ekonomi Syariah (EKSYA)11 orang, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)22 orang, dan Hukum Keluarga Islam (HKI) 8 orang.

Rangkaian acara untuk sesi pagi, dibuka dengan Pembacaan SK Yudisium oleh Kasubbag TU Program Pascasarjana: Fauzi MS, M.Kom, kemudian Pelantikan Yudisi oleh Direktur Program Pascasarjana IAIN Batusangkar: Dr. Suswati Hendriani, M.Pd., M.Pd. Setelah itu Pembacaan SK Yudisi Terbaik : Wakil Direktur Program pascasarjana IAIN Batusangkar: Dr. H. M. Yusuf Salam, M.A. Sesi akhir ada sambutan oleh perwakilan wisudawan dari Pendidikan Agama Islam.

Selanjutnya, sambutan dari Direktur Program Pascasarjana Dr. Suswati Hendriani, M.Pd. Direktur mengucapkan selamat dan menyatakan rasa bangga dengan banyaknya mahasiswa yg akan diwisuda pada September ini (72 orang). Direktur juga menyampaikan harapannya agar para yudisi berperan aktif dalam memajukan, dan menjaga nama baik PPs. Setelah diwisuda, para yudisi diharapkan tetap memperluas knowledge, menjaga attitude, dan meningkatkan skill. Dengan adanya peran dari semua pihak mulai dari manajemen, dosen, mahasiswa, dan alumni, maka predikat unggul akan bisa diraih.

Harapan Ibu Direktur pada peserta yudisi untuk saling menjalin kerja sama dengan dengan almamater. “Jangan berhenti sampai di sini. Ayok kita sama-sama meneliti, kita bersama melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang Bapak/Ibu masing-masing. Berikutnya kita publish bersama-sama untuk diketahui orang bahwa IAIN Batusangkar ini adalah kampusnya ilmuan.”

Di ujung sambutannya ibu Direktur mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yudisi dan lulusan terbaik saudara Indra Wahyudi dengan IPK, 3,99, serta semua peneliti terbaik dari enam prodi.

Kemudian, sambutan oleh Ali Candra perwakilan wisudawan dari PAI. Ia mengatakan bahwa selama mengikuti kuliah di PPS IAIN Batusangkar ini terjalin hubungan yang baik antara dosen dengan mahasiswa. “Hubungan kami dengan dosen, bukanlah sebatas hubungan antara dosen dengan mahasiswa saja. Namun hubungan yang terbentuk adalah hubungan ibu dengan anaknya, bapak dengan anaknya, kakak dengan adiknya. Bagi kami Yudisium hari ini bukanlah akhir dari segalanya, justru perjuangan itu dimulai pada hari ini.

”Ali juga mengingatkan rekannya sesama yudisi agar  perkaya diri dengan pengetahuan baru dan persoalan baru. “Kita lulusan Magister IAIN Batusangkar harus hadir sebagai agen perubahan di tengah masyarakat”. sampainya.

Di sela-sela acara Indra Wahyudi sebagai lulusan terbaik juga megucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada program Pascasarjana IAIN Batusangkar yang telah memberikan penghargaan  kepadanya.  Harapannya, semoga PPS selalu jaya di tingkat regional, nasional dan bahkan tingkat internasional.

Di lain waktu M. Yusuf Salam, sebagai Wakil Direktur Program pascasarjana IAIN Batusangkar juga menyapaikan; pelantikan yudisi oleh Direktur PPS IAIN Batusangkar telah membolehkan para  peserta yudisium menyandang gelar Magister Pendidikan (M.Pd.) untuk Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, dan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Magister Ekonomi (M.E) untuk Program Studi EkonomiSyariah. Magister Hukum (M.H) untuk Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, dan HukumKeluarga Islam.

Yusuf juga menegaskan bahwa gelar yang mereka peroleh juga melalui proses belajar yang sesuai dengan Visi PPS IAIN Batusangkar “Unggul Dalam Penguatan Keilmuan yang Integratif dan Interkonektif berbasis kearifan lokal dan bereputasi Global. Di samping Visi, kelulusan dan nilai terbaik yang diperoleh mahasiswa PPs juga  ditentukan akhlak, lulus tepat waktu, dan publikasi karya ilmiah dari mahasiswa.

 

About the author: editor

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *