PPG Tahfizh IAIN Barusangkar Gelar Seleksi Angkatan III

BERITAPUBLIK.ID – 70 calon peserta dari kalangan mahasiswa dan guru tahfizh yang aktif di kabupaten Tanah Datar mengikuti seleksi Program Pendidikan Guru (PPG) Tahfizh yang dilaksanakan di auditorium IAIN Batusangkar, Minggu 12 September 2021.

Kegiatan seleksi di buka oleh Rektor IAIN Batusangkar yang diwakili oleh Wakil Dekan III Fuad Dr. H. Alimin, Lc MA dan di hadiri oleh Ketua Program H. Afrizon S.Ag, wakil ketua Syafriwaldi MA, sekretaris Hafizzullah MA, wakil sekretaris Jheni Rahmad SH, serta dewan penguji Ketua Lajnah Tahfizhul Qur’an Tanah Datar Hamdani MA dan Ketua FKRT Dapri M.Pd.

Dalam sambutannya Dr. Alimin mengungkapkan “Sertifikasi guru tahfizh profesional yang dilaksanakan oleh PPG Tahfizh Tanah Datar merupakan Program Pertama di Indonesia yang dilaksanakan secara kolaborasi antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah. Kegiatan ini merupakan dukungan IAIN Batusangkar terhadap program Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfizh.”

“Kami berharap dari 70 peserta ini baik yang lolos atau tidak, tetap menjadi motor penggerak bagi kemajuan Syi’ar Al Quran. Para guru tahfizh juga berperan aktif memperbaiki kualitas bacaan Shalat dan Al Quran para santrinya.” harapnya.

Sementara Ketua PPG Tahfizh H. Afrizon, S.Ag mengungkapkan sejarah dan perjalanan PPG Tahfizh Tanah Datar sejak dimulainya angkatan pertama sampai rangkaian terakhir yang diikuti oleh angkatan II yang akan di wisuda minggu depan.

“PPG Tahfizh merupakan program kolaborasi kerjasama IAIN Batusangkar, Pemkab Tanah Datar dan Yayasan Hj. Syarifah Ghani Syaiful Zen. Program ini bertujuan untuk melahirkan guru tahfizh profesional yang tersertifikasi untuk mengisi kebutuhan guru pada rumah tahfizh yang terus meningkat jumlahnya secara sigifikan di Tanah Datar.” sambung Kabag Kesra Setdakab Tanah Datar ini.

“Untuk kesuksesan angkatan ketiga ini kami mengharapkan komitmen yang tinggi dari peserta yang lolos seleksi agar mengikuti rangkaian kegiatan selama 6 bulan secara disiplin dan sungguh – sungguh.” tegasnya.

Wakil ketua Syafriwaldi, MA menerangkan “Kuota peserta PPG angkatan ketiga ini sebanyak 30 orang. Kita akan menseleksi 70 peserta ini dengan tes tajwid, tahfizh dan komitmen”

“Untuk tes tajwid dan tahfizh akan dilakukan oleh Ketua FKRT dan Ketua Lajnah Tahfizhul Quran. Sedangkan komitmen calon peserta akan diwawancarai lansung oleh Panitia PPG Tahfizh.” tutupnya.

.

About the author: editor

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *