Rektor IAIN Batusangkar Lantik 17 Wisudawan/ti PPG Tahfizh

BERITAPUBLIK.COM – Rektor IAIN Batusangkar diwakili Warek I Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd bersama Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekobang Nusyirwan melantik 17 wisudawan/ti Program Pendidikan Guru (PPG) Tahfizh Datar, Sabtu 18 September 2021 di Auditorium IAIN Batusangkar. Acara wisuda angkatan II sekaligus pembukaan angkatan III ini juga dihadiri Dekan Fuad yang diwakili oleh Dr. H. Alimin MA, Ketua Lajnah Tahfizhul Quran Hamdani MA dan Ketua FKRT Dapri, M.Pd.

PPG Tahfizh ini merupakan kerjasama IAIN Batusangkar dengan Pemkab Tanah Datar dan Yayasan Hj. Syarifah Gani Syaiful Zain. Program ini diketuai oleh H. Afrizon S.Ag, wakil ketua Syafriwaldi MA, sekretaris Hafizzullah MA, wakil sekretaris Jheni Rahmad SH, dan bendahara Dafit Amril, MA.

Pada pendahuluan H. Afrizon, S.Ag melaporkan “PPG Tahfizh merupakan Program untuk menjawab kebutuhan Rumah Tahfizh yang tumbuh pesat di kabupaten Tanah Datar. Bermula 6 rumah tahfizh pada tahun 2016, sekarang jumlah tahfizh yang terdaftar di pemkab Tanah Datar sebanyak 243 unit.

“Untuk angkatan II kita akan mewisuda 17 mahasiswa peserta. Dan pembukaan angkatan ketiga ini diikuti oleh 30 peserta yamg telah lolos seleksi dari 72 orang yang mendaftar.” sambung Afrizon.

Sementara dalam sambutannya, H. Syaiful Zain mengatakan  “Kami Yayasan Hj. Syarifah Gani merasa terhormat dapat berkontribusi dan bekerja sama dengan Pemkab Tanah Datar dan IAIN Batusangkar dalam mensukseskan Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfizh.”

“Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang sangat mulia dalam rangka mendukung program Bupati Eka Putra Satu rumah satu hafizh.”sampai Syaiful Zain

Dalam sambutan Rektor IAIN Batusangkar yang diwakili oleh Warek I Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd “Pimpinan IAIN Batusangkar terus berkomitmen untuk membantu Pemkab Tanah Datar dalam pembangunan daerah berdasarkan Tridarma Perguruan Tinggi.

“Dalam hal Tahfizhul Quran, Rektor terus mengkomunikasikan dengan Kepala-Kepala Daerah bahwa IAIN Batusangkar sangat memperhatikan para penghafal Al Quran dengan memberikan beasiswa kuliah gratis bagi para Haafizh Quran.” terang warek.

Untuk PPG Tahfizh Tanah Datar, IAIN Batusangkar terus mendukung program ini dalam rangka penyedian guru-guru tahfizh profesional untuk menjawab kebutuhan pendidik tahfizh di luhak nan tuo ini.”

Dalam sambutan Bupati yang diwakili staf ahli Nusyirwan “Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan IAIN Batusangkar dan Yayasan Hj Syarifah Ghani Syaiful Zain sehingga pelaksanaan PPG Tahfizh ini sukses mewisuda angkatan kedua  dan kembali membuka angkatan ketiga yang diperuntukan bagi guru tahfizh yang aktif di kabupaten  Tanah Datar”

“Pemkab berharap sinergitas ini terus berlanjut untuk melahirkan guru tahfizh profesional dalam rangka menjawab kebutuhan guru tahfizh di Tanah Datar.”

“PPG Tahfizh ini mendukung program yang baru dilaunching oleh Bupati Eka Putra ‘Satu rumah satu haafizh’. Menurut Bagian Kesra Pemprov Sumatera Barat, Kabupaten Tanah Datar merupakan terbaik diantara 19 kabupaten/kota seSumatera Barat dalam pembinaan tahfizhul Quran.”

Selain mewisuda 17 peserta angkatan II, acara ini juga pembukaan angkatan ketiga yang diikuti 30 peserta. Bupati, Rektor, Ketua Yayasan dan Ketua PPG Tahfiz kompak mengucakan selamat wisuda kepada angkatan II dan selamat datang untuk angkatan III.

About the author: editor

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *