Kepala Balai Bahasa Sumatera Barat Tutup Secara Resmi Kegiatan BIPA di IAIN Batusangkar

BERITAPUBLIK.COM – Kepala Balai Bahasa Sumatera Barat diwakili Kasubag TU Herlinda, S.Pd, M.Hum resmi menutup kegiatan Bimbingan Teknis Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang dilaksanakan 15-17 Oktober 2021 di kampus IAIN Batusangkar.

Dalam keterangannya Herlinda menyampaikan “Balai Bahasa Sumatera Barat telah melaksanakan Bimtek BIPA di kabupaten Tanah Datar bekerjasama dengan IAIN Batusangkar selama tiga hari dengan menggandeng mahasiswa luar negara dan mahasiswa lokal.”

“Kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa untuk berkiprah mengutamakan dan mempromosikan Bahasa Indonesia di kancah internasional. Upaya yang kita lakukan adalah pengutamaan Bahasa Indonesia, tetap melestarikan bahasa daerah dan jangan lupa kuasai bahasa asing.” sebutnya

“Balai Bahasa Sumatera Barat juga memiliki progran Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Ujian ini untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam berbahasa Indonesia. Untuk memudahkan masyarakat, Badan Bahasa sekarang sudah meluncurkan UKBI Adaptif yang bisa diakses secara daring. Kita berharap masyarakan bisa berpartisipasi aktif memajukan bahasa nasional kita.” ungkap Herlinda

Sementara panitia dari IAIN Batusangkar Yulnetri, S.S, M.Pd menuturkan “Kegiatan bimtek BIPA ini sangat strategis untuk mengkader mahasiswa menjadi tenaga pengajar BIPA. Peserta Bimtek kali ini terdiri dari mahasiswa asing yakni Kamboja dan Thailand. Hal ini bertujuan agar mereka bisa menjadi duta bahasa Indonesia ketika mereka pulang ke negaranya.”

“Pematerinya luar biasa, materinya sangat bermanfaat bagi calon instruktur BIPA, mulai dari kurikulum, silabus, RPP, media, metode dan evaluasi pembelajaran BIPA. Selain itu, kegiatannya menjadi lebih menarik karena peserta diminta mempraktekkannya di depan kelas (peer teaching)” tutup dosen IAIN Batusangkar ini.

About the author: editor

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *